top of page
Search

Panduan Sederhana untuk Memulai Kebiasaan Baik untuk Bumi



Bagaimana cara Mbakyu dan Mas memaknai hari lingkungan hidup?


Sudahkah memulai dengan hal sederhana yang bisa dilakukan di rumah sebagai rasa tanggung jawab kita terhadap lingkungan? Hal sederhana seperti memilah sampah, menggunakan botol minum dan tempat makanan yang bisa dipakai ulang, dan mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai?


Mbakmin jadi lebih peka terhadap kondisi lingkungan sejak tinggal di New Zealand tahun 2016. Mbakmin tinggal di sana selama dua tahun untuk kuliah. Salah satu aktivitas favorit mbakmin adalah mengunjungi Farmers Market diakhir pekan. Di kota Christchurch, ada lumayan banyak Farmers Market yang diadakan setiap Jumat, Sabtu, atau Minggu di beberapa Suburb (lumayan banyak dalam artian sekitar belasan ya). Vibe Farmers Market itu sangat menyenangkan. Kita bisa bertemu banyak orang, membeli produk-produk lokal, dan pilihan kulinernya sangat beragam. Di sana, orang-orang terbiasa membawa tas belanja sendiri. Bahkan ketika harus beli makan di luar, banyak yang membawa food container sendiri. Selain itu, produk seperti reusable stainless straw, reusable wrap, dan produk-produk reusable lain sangat banyak dijual dan banyak juga yang menggunakannya (tahun itu produk-produk seperti itu belum booming di Indonesia). Mbakmin jadi terbiasa dengan pola hidup seperti itu, dan terus berikhtiar menjadikan upaya untuk mengurangi limbah sebagai bagian dari gaya hidup.


Saat memulai Jamu Gendul 88, mbakmin sempat dilema. Dilema karena memikirkan dampak lingkungannya akan seperti apa. Karena kami tidak bisa memaksakan kehendak diri sendiri, kami perlu mengikuti pilihan konsumen.

Meskipun menggunakan kemasan plastik, kami juga menyediakan kemasan reusable (botol kaca) dan opsi reusable itu menjadi cara kami mengajak customer kami untuk beralih ke yang ramah lingkungan.


Apa saja yang bisa Mbakyu dan Mas lakukan untuk mengurangi dampak limbah saat membeli produk kami? Yuk simak panduan kami untuk penanganan limbah produk kami.


  1. Pertama, Mbakyu dan Mas perlu memulai pilah sampah dari rumah.

  2. Kemasan botol plastik PET ready to drink Jamu dapat dibilas, dikeringkan, kemudian digabungkan bersama sampah PET lain. Ini akan memudahkan petugas pengelola sampah untuk proses daur ulang.

  3. Untuk Tisane dan rempah kering, setelah dibuka, bisa dipindahkan ke toples. Kemudian kemasan standing pouch PET dapat dikumpulkan dengan sampah kemasan lain. Kami memutuskan untuk menggunakan standing pouch transparant untuk memudahkan proses daur ulang. Kemasan pouch dengan banyak lapisan, seperti pouch paper kraft (yang terdiri dari lapisan kertas, plastik, dan foil), sulit didaur ulang karena petugas bank sampah harus memisahkan layer-layer bahan yang berbeda jenis.

  4. Untuk pemesanan dengan jasa ekspedisi, pesanan kami bungkus dengan kardus dan wrap yang kami rekatkan dengan sederhana. Mbakyu dan Mas bisa membuka kardus dan wrap sesuai pola selotip (kami hanya menggunakan sedikit perekat), kemudian kardus dan wrapnya bisa dipakai ulang, atau digabungkan dengan limbah kertas (untuk kardus), dan limbah plastik (untuk wrap).

  5. Untuk pemesanan dengan kurir toko, Mbakyu dan Mas dapat menyediakan keranjang di depan rumah sehingga kami bisa meletakkan pesanan tanpa harus dibungkus kantong plastik. Bisa juga request reusable bag (dengan biaya tambahan), atau Mbakyu dan Mas akan memperoleh reusable bag gratis dengan minimum pembelian Rp150.000

  6. Pemesanan dengan ekspedisi kurir instan akan otomatis mendapatkan reusable bag. Bisa Mbakyu dan Mas pakai ulang.

  7. Ada program berlangganan dengan botol kaca. Botol kaca bisa dikembalikan untuk memperoleh diskon. Mbakyu dan Mas hanya perlu mencuci botol dan menukarkan botol saat kami mengantar pesanan. Bagi customer online, bisa mengirim kembali botol kaca ke toko untuk mendapatkan voucher cashback. Botol kaca dapat dipakai ulang untuk wadah air minum, wadah minyak, dan lain-lain. Praktis, terjangkau, dan baik untuk bumi.

  8. Sisa seduhan tisane dapat dibuang bersama limbah organik dan bisa dikomposkan.

  9. Mbakyu dan Mas bisa juga berlangganan dengan bank sampah terdekat untuk menyetor sampah yang sudah Mbakyu dan Mas pilah. Informasi perihal layanan bank sampah sangat mudah diperoleh, tinggal google, dan Mbakyu dan Mas akan disuguhi beragam pilihan.




Itu adalah panduan sederhana untuk bertanggung jawab terhadap bumi. Kami berharap Mbakyu dan Mas dapat membantu kami mengurangi dampak lingkungan. Hal kecil yang jika dilakukan bersama, pasti akan memberikan dampak besar.


Hal sederhana yang sudah kami terapkan di toko dan kebun:

  1. Memilah sampah organik, sampah PET, sampah kertas, sampah plastik kemasan, dan sampah kaca dan kaleng.

  2. Limbah jamu seperti sisa pesasan rempah dan kulit kami komposkan untuk memupuk kebun.

  3. Aktifitas kebun tidak menggunakan pestisida dan pupuk kimia. Semua ditanam secara alami.

  4. Mendukung bisnis lokal sekitar dengan menjadikan beberapa supplier sebagai partner untuk mengurangi mobilitas delivery bahan baku.


Hal sederhana lain yang bisa mbakyu dan mas lakukan di rumah untuk meminimalkan dampak limbah rumah tangga:

  • Buy local. Saat ke pasar, jangan lupa untuk bawa tas belanja dan container (untuk wadah bahan basah seperti daging, tahu, ikan, dll). Sebaiknya menolak saat pesanan akan dibungkus plastik, dan sodorkan reusable bags/container yang Mbakyu dan Mas bawa.

  • Minyak bekas jangan dibuang ke saluran pembuangan air. Kumpukan minyak bekas ke dalam jerigen bekas. Kemudian setorkan ke pengusaha biodisel. Warga Suvarna Sutera beruntung loh ada pengusaha biodisel yang bersedia menampung minyak jelantah.

  • Buy in bulk. Beli kebutuhan rumah tangga seperti sabun dan keperluan pembersih lain dalam kemasan jerigen. Kemasannya bisa dipakai ulang, dan harganya jadi lebih murah.

  • Pilah sampah dari rumah.

  • Lebih mindful dengan pola konsumsi kita agar membeli barang sesuai dengan kebutuhan.

  • Buy second. Coba untuk mencari opsi barang preloved. Banyak loh yang menjual barang second hand berkualitas.

Intinya Reduce, Reuse, and Recycle. Dan yang paling penting, MULAI AJA DULU.


Ayo bersama-sama membangun kebiasaan baik untuk Bumi. Bersama kami mbakyu dan mas bisa ikut melestarikan jamu sebagai warisan leluhur, dan berbuat baik pada bumi. Khusus hari Bumi dan hari Lingkungan hidup, Jamu siap minum botol kaca diskon 10%. Screenshot bagian ini untuk mendapatkan voucher diskon.

Selamat hari lingkungan hidup sedunia.



27 views0 comments

Комментарии


bottom of page