top of page
Search

Catatan Perjalanan Jamu Gendul 88 di Blibli.com - Jualan Online Pasti Untung Pasti di Blibli

Updated: Oct 26, 2022


Awal Kisah

Berjualan jamu bagi kami adalah hobi yang menghasilkan. Aktifitas membuat jamu sangat menyenangkan dan kami senang banyak orang menikmati jamu racikan kami. Sejak kecil anggota keluarga kami gemar minum jamu. Apalagi Mbah kami di Kediri sehari-hari berjualan jamu di Pasar Ngadiluwih Kediri, jadilah kami dimanjakan dengan beragam suguhan tradisional buatan Mbah. Namun sejak merantau, kami jadi jarang minum jamu, karena jamu tidak mudah ditemui. Akhirnya kami belajar meracik jamu sendiri. Untungnya ibu kami juga mahir membuat beragam racikan jamu karena sering membantu Mbah berjualan jamu dulu. Resep jamu racik yang dikuasai Mbah memang sudah turun temurun ada di keluarga kami. Senang rasanya bisa meneruskan tradisi keluarga.


Pasar Ngadiluwih Kediri, Tempat Mbah berjualan Jamu.

Selama satu tahun lamanya kami belajar membuat jamu. Awalnya setiap seminggu sekali kami membuat jamu untuk stok selama seminggu. Jamu menjadi salah satu menu bekal ke kantor. Setelah satu tahun sering bercerita soal aktifitas kami dengan jamu, muncullah komentar seorang teman kalau dia ingin mencoba jamu buatan kami. Setelah dia mencobanya, dia bilang "Ini enak banget and worth to sale!". Baca cerita singkat tentang awal mula kami sering membuat Jamu di sini.

Iseng, kami akhirnya mencoba berjualan jamu secara online melalui Instagram. Selama dua tahun berjalan, dari awalnya hanya dua pelanggan, sekarang kami memiliki +500 pelanggan di customer database kami.


Our Early Posts on Instagram

Sepanjang dua tahun itu juga, kami belajar tentang bagaimana mencari bahan baku yang berkualitas, bagaimana membangun relasi yang baik dengan para supplier, dan bagaimana maintain pelanggan.

Kami berharap dengan usaha yang kami rintis, kami bisa meneruskan warisan leluhur, menjaga Jamu sebagai warisan budaya bangsa, menyediakan Jamu yang berkualitas dan terjangkau untuk semua kalangan, dan memiliki dampak baik pada rekan petani rempah kami.


Awal berjualan di Blibli

Setelah satu tahun hanya berjualan melalui Instagram dan WhatsApp, kami mulai mencari opsi e-commerce yang bisa membuat jangkauan pasar kami lebih luas. Kami bergabung dengan Blibli karena tertarik dengan tersedianya opsi pengiriman dengan Paxel. Produk Jamu Siap Minum kami hanya bisa dikirim dengan kurir instan dan sameday, dan semua opsi kurir yang tersedia di Blibli sesuai dengan yang kami butuhkan.

Proses pembuatan akun toko dan set up toko sangat mudah. Kami mengakses seller dashboard kami melalui website dan aplikasi Blibli Seller. Yang sangat menyenangkan adalah Blibli memberikan bonus saldo Bliklan sebanyak Rp400.000. Fitur Bliiklan tentu sangat membantu karena traffic kunjugan calon pembeli ke laman toko kami jadi meningkat.

Kami bergabung dengan Blibli pada bulan November 2021. Saat itu kami masih belum begitu aktif karena masih belum familiar. Akhirnya kami mencoba setiap akhir pekan untuk ikut event webinar Blibli Seller dan banyak membaca tips-tips sukses berjualan di Pusat Edukasi Blibli Seller. Dari situ kami coba melengkapi profil toko, memperbaharui deskripsi produk, dan membuat foto profil serta tatanan dashboard toko yang menarik. Kami juga belajar tentang cara mengoptimalkan fitur Bliklan dan membuat pekan diskon setiap tanggal cantik (contohnya 7.7, 8.8, 9.9). Kami kemudian memperoleh pesanan pertama kami bulan Februari 2022. Memang tidak ada yang instan. Semua harus dipelajari dan dipersiapkan secara detail. Setelah itu, Alhamdulillah setiap bulan ada pesanan di Blibli meskipun belum banyak. Kami masih belajar untuk terus mengoptimalkan penjualan online kami.


Foto produk kami saat awal berjualan di Blibli VS setelah belajar improve dashboard.


Pesanan pertama di Blibli


Apa Yang Bikin Senang di Blibli?

Ada notifikasi pesanan baru tentu saja. Tapi selain itu, memperoleh ulasan dan bintang 5 dari pelanggan juga tidak kalah menyenangkan. Hal itu bisa mendorong kami untuk terus menjaga kualitas produk kami.

Fitur di Blibli seller juga semakin lengkap. Ada fitur diskon, fitur analitik (yang sungguh sangat berguna karena kita juga bisa memantau traffic toko secara berkala), dan yang paling menyenangkan adalah Team Seller Care yang super responsif. Mereka siap membantu kapanpun kami butuh bantuan. Sudah dua kali kami melakukan konsultasi via dengan Team Seller Care di Aplikasi Blibli Seller. Yang pertama perihal pengaturan kurir dan yang kedua tentang varian produk. Begitu kami menjelaskan kendala yang kami temui, Team Seller Care dengan sigap membantu, tanpa dialihkan atau harus menunggu lama, dan sesi konsultasi berakhir dengan solusi untuk kendala yang kami temui.

Hal lain yang membuat kami senang berjualan di Blibli adalah, memperoleh pelanggan reguler, karena beberapa pelanggan di Blibli repeat order setelah pembelian pertama. Kami jadi bisa memperluas area pemasaran yang terjangkau dengan kurir sameday melalui Blibli.


Perjalan Selanjutnya di Blibli

Enam bulan terakhir kami sedang mengembangkan produk Rempah Kering kualitas premium. Produk kering ini banyak dicari oleh penikmat jamu yang suka meracik sendiri jamunya. Keunggulan produk rempah kering adalah bisa dikirim ke seluruh Indonesia. Semoga melalui Blibli, produk baru kami dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi, karena Jamu Siap Minum hanya bisa dikirim ke Area Jabodetabek.

Selain itu kami sedang dalam tahap pembuatan konten edukasi untuk pelanggan agar bisa meminimalkan dampak produk kami terhadap lingkungan, terutama perihal penanganan limbah. Kami akan mengembangkan materi edukasi tersebut melalui website kami untuk kemudian dilampirkan di deskripsi produk di Blibli agar pelanggan kami tahu bahwa kami juga mengupayakan agar dampak aktifitas bisnis kami minimum terhadap lingkungan sekitar.

Toko online kami di Blibli memang belum begitu besar, tapi kami sangat semangat dan antusias untuk meningkatkan performa kami di Blibli. Terima kasih Blibli.com telah menjadi platform yang sangat berguna untuk para pelaku UMKM dan Selamat Ulang Tahun yang ke 11. Semoga bersama Blibli, kami bisa menjangkau lebih banyak lagi penikmat jamu di Indonesia, sehingga Jamu bisa terus lestari sebagai Warisan Sehat dari Leluhur.


Mbakyu dan Mas bisa mengikuti cacatan harian bisnis lokal kami di Instagram @jamugendul88. Jangan lupa follow Instagram Blibli Seller dan Tiktok Blibli Seller untuk konten-konten menarik dan bermanfaat.




36 views0 comments

Recent Posts

See All

תגובות


bottom of page