top of page
Search

Cerita Sukses Ramadan Jamu Gendul 88 x Tokopedia Seller


Membuat Jamu adalah hobi. Jamu selalu menjadi sajian minuman favorit di keluarga kami sejak dulu. Kami mulai belajar membuat Jamu sejak merantau ke Tangerang. Kami belajar dari ibuk di Kediri, dan resep serta metode yang diajarkan kepada kami adalah resep turun temurun keluarga. Keisengan berubah jadi hobi yang menghasilkan, saat tetangga menyicipi Jamu kami, banyak yang suka, kemudian jadi sering pesan. Komentar mereka kebanyakan adalah rasa Jamu buatan kami sangat khas, dan mereka menyukai produk Jamu yang fresh. Akhirnya kami mulai berjualan di area perumahan kami. Seiring dengan berjalannya waktu, pesanan semakin banyak dan jangkauan area penjualan semakin luas, kamipun terus berusaha untuk meningkatkan kualitas produk dengan mencari sumber bahan baku yang berkualitas (terima kasih kepada para kelompok tani rempah rekanan kami atas jerih payahnya) dan mengembangkan variasi produk.


Melalui Jamu racikan kami, kami ingin terus menjaga warisan resep nenek moyang, dan menyediakan Artisan Jamu & Tisane berkualitas dengan rasa yang autentik dan terjangkau bagi semua kalangan.

Selain offline (sejak 2020), sudah hampir satu tahun kami aktif berjualan di Tokopedia. Sebenarnya, kami sudah membuka Toko di Tokopedia sejak tahun 2020, namun karena opsi pengiriman saat itu belum mendukung produk best seller kami, yaitu ready to drink Jamu, kami belum begitu aktif. Kunjungan ke toko kami sangat sedikit, mungkin karena saat itu kami jarang membuka aplikasi juga sehingga status online toko "aktif seminggu (bahkan sebulan) yang lalu". Pelanggan jelas ragu untuk bertransaksi dengan toko yang jarang aktif.

Tahun 2021 kami mengembangkan produk Tisane (nama lain dari teh yang terbuat dari rempah, daun, bunga, akar kering) yang bisa dikirim dengan semua tipe ekspedisi. Saat itulah kami menjadi lebih aktif di Tokopedia. Kami mulai mempelajari fitur-fitur di Tokopedia Seller, dan rajin ikut webinar @tokopediaseller. Kami akhirnya mendapatkan pelanggan pertama kami secara organik. Setelah Paxel tersedia di Tokopedia, produk Ready To Drink kami mulai banyak dibeli. Kamipun langsung menjadi merchant PRO setelahnya.



Pelanggan luar kota yang biasanya memesan melalui WhatsApp beralih ke Tokopedia karena lebih praktis. Kamipun mulai menggunakan fitur TopAds untuk mencari pelanggan baru dan hasilnya sangat memuaskan. Jumlah pelanggan baru kami naik hingga 50% dan 80% dari pelanggan baru menjadi pelanggan reguler (pelanggan yang melakukan transaksi ulang setelah transaksi pertama). 25% diantara pelanggan baru menjadi pelanggan setia (rutin bertransaksi seminggu sekali sampai tiga kali). Fitur TopAds menurut kami sangat fair untuk merchant, karena bisa diatur sesuai budget. Berkat TopAds, hampir setiap hari kurir Paxel (Hero) selalu berkunjung ke Toko, hingga kami jadi akrab dengan para Hero. Selain TopAds, fitur lain yang menjadi favorit kami adalah Flash Sale Toko. Dengan fitur Flash Sale, kami bisa meningkatkan kunjungan, penjualan, dan jumlah pelanggan baru karena dengan diskon di Flash Sale, pelanggan baru jadi berkesempatan untuk mencoba produk. Flash Sale juga efektif untuk menjaga pelanggan setia. Fitur Broadcast Chat juga sangat bermanfaat. 75% broadcast chat kami dibaca oleh pelanggan dan pengikut toko, dan banyak pelanggan mengikuti flash sale dan rilisan spesial setelah diinformasikan melalui broadcast chat.

Kami selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk pelanggan dengan memastikan kualitas produk (dari segi bahan baku hingga proses produksi), ketepatan waktu menyiapkan pesanan, hingga garansi kepuasaan konsumen terhadap kualitas produk kami. Tahun ini, kami mengikuti program Ramadan Ekstra oleh Tokopedia. Tidak disangka-sangka toko kami menjadi sangat sibuk dengan pesanan Tokopedia. Traffic toko kami meningkat hingga 115% dan pendapatan bersih naik hingga 75% dibanding bulan sebelumnya. Semoga tahun depan traffic toko bisa lebih ramai lagi. Oiya, satu lagi yang bikin kami jatuh cinta dengan Tokopedia Seller adalah fitur Statistik yang sangat bermanfaat untuk record performa toko. Kami jadi bisa mengatur strategi untuk meningkatkan performa toko berdasarkan data yang tersedia. Those numbers are really helpfull. 😆

Membangun bisnis lokal memang tidak mudah, tapi kami sangat bersyukur dengan semua dukungan yang diberikan Tokopedia. Terimakasih @tokopedia, telah menjadi jembatan kami untuk menjangkau para Jamu Enthusiast di Indonesia. Ini adalah #CeritaSuksesRamadan dari team peramu @jamugendul88. Semoga Ramadan tahun depan, kami bisa menjangkau lebih banyak penikmat Jamu. Harapan kami Artisan Jamu & Tisane dapat dinikmati lebih banyak orang. Dukung bisnis lokal untuk terus bertumbuh dan bantu kami untuk membuat warisan sehat leluhur terus lestari. @tokopedia @tokopediaseller.


Update 6 Mei 2022: this post won a prize of brand new laptop. Thank you Tokopedia. Cek di sini.

21 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page